Home
kpusda
Rumah Pintar Pemilu KPU Kab. Sidoarjo Mendapat Kunjungan Siswa SMPN 2 Buduran

Rumah Pintar Pemilu KPU Kab. Sidoarjo Mendapat Kunjungan Siswa SMPN 2 Buduran


Selasa, 2021-11-16 - 15:20:20 WIB

kpud-sidoarjokab.go.id-Selasa (16/11) KPU Kabupaten Sidoarjo mendapat kunjungan dari para calon pemilih pemula. Siswa-siswi SMP Negeri 2 Buduran menjadi tamu yang membuat suasana Kantor KPU Kabupaten Sidoarjo menjadi riuh ramai. Sejumlah 136 siswa-siswi yang didampingi oleh 4 guru, menimba ilmu kepemiluan di KPU kab Sidoarjo. “Adapun tujuan kunjungan kami kesini adalah untuk menimba ilmu kepemiluan, hal ini selaras dengan kegiatan Proyek Profil Pelajar Pancasila dengan tema “Suara Demokrasi” yang sedang kami gagas”. Ujarnya. Degan kunjungin ini juga untuk memberikan pengalaman belajar kontekstual kepada peserta didik demokrasi. 

Dan dalam kunjungan tersebut, Beberapa hal yang disampaikan kepada para peserta antara lain makna demokrasi, asas pemilu, pentingnya pemilu, manfaat pemilu, pihak-pihak penyelenggara pemilu, tahapan pemilu, proses pemungutan suara, pelaksanaan penghitungan suara, membedakan surat suara sah dan tidak sah. Di akhir materi Diputarkan juga Vidio Simulasi proses pemungutan dan perhitungan suara Di TPS. 

Sebagai penutup rangkaian materi kunjungan, KPU Kabupaten Sidoarjo juga mengajak anak-anak serta guru pendamping untuk memasuki Rumah Pintar Pemilu Pendopo Delta. Siswa diajak untuk lebih mengenal sosok-sosok penyelenggara pemilu mulai dari KPU RI, KPU Provinsi dan KPU Kabupaten Sidoarjo dari tahun-ke tahun. Di RPP juga dijelaskan mengenai sejarah singkat kepemiluan. Dari kunjungan para calon pemilih pemula ini, diharapkan menjadi wawasan serta bekal menjadi pemilih yang cerdas di setiap Pemilu dan Pemilihan di tahun-tahun mendatang serta dapat mengimplementasikan proses demokrasi dan pemilihan di sekolahnya. (Naf)


Share Berita


Komentari Berita