Home
kpusda
PESERTA PEMILU DI KABUPATEN SIDOARJO, SERAHKAN LAPORAN PENERIMAAN SUMBANGAN DANA KAMPANYE KE KPU KABUPATEN SIDOARJO

PESERTA PEMILU DI KABUPATEN SIDOARJO, SERAHKAN LAPORAN PENERIMAAN SUMBANGAN DANA KAMPANYE KE KPU KABUPATEN SIDOARJO


Kamis, 2019-01-03 - 10:05:31 WIB

kpud-sidoarjokab.go.id- Peserta Pemilu 2019 menyerahkan Laporan Penerimaan Sumbangan Dana Kampanye (LPSDK) Ke KPU Kabupaten Sidoarjo, Rabu (2/1).

Berlangsung di Kantor KPU Kabupaten Sidoarjo, diterima langsung Komisioner Divisi Hukum Nanang Haromin, 16 Partai Politik serta tim kampanye pasangan calon presiden dan calon wakil presiden di Kabupaten Sidoarjo menyerahkan LPSDK masing-masing.

LPSDK merupakan tahapan kedua dalam pelaporan dana kampanye dan pembukuan yang memuat seluruh penerimaan yang diterima Partai Politik dan pasangan calon yang dialokasikan untuk dana kampanye.

Pada Pasal 329 ayat (3) Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017, dana kampanye Pemilu dapat berupa uang, barang dan/ atau jasa.

Dana kampanye Pemilu yang berupa uang ditempatkan pada rekening khusus dana kampanye Partai Politik Peserta Pemilu pada Bank. Untuk dana kampanye Pemilu berupa sumbangan dalam bentuk barang atau jasa harus dicatat berdasarkan harga pasar yang wajar pada saat sumbangan diterima.

Sementara itu, besaran dana kampanye yang bisa disumbangkan dari setiap pihak telah diatur dalam Pasal 327 ayat (1) dan (2).

Untuk dana kampanye yang berasal dari perseorangan maksimal yakni Rp 2,5 Miliar.

Adapun sumbangan dana kampanye yang berasal dari kelompok, perusahaan, atau badan usaha non pemerintah tidak boleh melebihi Rp 25 Miliar.(ryan)


Share Berita


Komentari Berita