Home
kpusda
PENETAPAN PASLON KELANA - DWI ASTUTIK, KPU SIDOARJO SAMPAIKAN NOMOR URUT

PENETAPAN PASLON KELANA - DWI ASTUTIK, KPU SIDOARJO SAMPAIKAN NOMOR URUT


Senin, 2020-09-28 - 19:49:00 WIB

kpud-sidoarjokab-go.id-Senin (28/09/2020), KPU Sidoarjo akhirnya melakukan penetapan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati  Sidoarjo tahun 2020, serta penyampaian nomor urut kepada paslon Kelana - Dwi Astutik. Rapat pleno terbuka tersebut digelar di tempat yang sama dengan penetapan dua paslon sebelumnya, yakni di Fave Hotel Sidoarjo, Jl. Jenggolo No 15, Pucang. Hadir dalam kegiatan Ketua KPU Sidoarjo bersama Anggota, Bawaslu dan paslon Kelana - Dwi Astutik.

Ketua Komisioner KPU Sidoarjo, M. Iskak menjelaskan bahwa pada 4 - 6 September 2020 lalu, KPU Sidoarjo menerima tiga bapaslon yang mendaftar. Namun, dua pasangan calon telah ditetapkan lebih dulu pada tanggal 23 September 2020, sedangkan satu paslon lainnya baru ditetapkan hari ini. "Hal ini terkait dengan protokol kesehatan yang diwajibkan pada proses pelaksanaan Pilkada 2020 ini di seluruh Indonesia, tidak hanya di Kabupaten Sidoarjo saja," ungkap Iskak.

Sesuai regulasi yang ditentukan, satu paslon yang ditetapkan kali ini mendapatkan nomor urut 3. Berbeda dengan dua paslon lainnya yang sebelumnya melakukan pengundian nomor urut pada 24 September 2020 lalu, nomor urut 3 yang diberikan kepada paslon Kelana - Dwi Astutik ini bukan merupakan hasil pengundian, namun ditetapkan secara otomatis berdasarkan aturan yang berlaku. 

Terkait dengan tahapan yang tengah berlangsung ini, M. Iskak menjelaskan bahwa KPU Sidoarjo diberikam kewenangan untuk menyusun tahapan lain disamping tahapan yang mengikuti PKPU No 5 Tahun 2020. "KPU Sidoarjo diberi kewenangan untuk menyusun tahapan lain terkait dengan pencalonan, apabila itu ada kaitannya dengan protokol kesehatan. Dan itulah yang hari ini kami lakukan dalam proses pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sidoarjo tahun 2020 ini. Saya kira terkait persoalan ini tidak ada masalah dan clear secara undang-undang maupun regulasi," kata Iskak. (syamsudin)

 


Share Berita


Komentari Berita