Home
kpusda
KPU SIDOARJO TUNDA 4 TAHAPAN PILBUP TAHUN 2020

KPU SIDOARJO TUNDA 4 TAHAPAN PILBUP TAHUN 2020


Rabu, 2020-03-25 - 07:06:44 WIB

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menerbitkan surat keputusan dan Surat Edaran (SE) menyikapi pencegahan penyebaran virus Corona (Covid-19). Kedua surat yang ditandatangani Ketua KPU RI Arief Budiman ini ditetapkan pada 21 Maret 2020 lalu.

Tertuang dalam dua surat tersebut, KPU Pusat meminta KPU Provinsi, Kabupaten dan Kota untuk menunda empat tahapan pemilihan kepala daerah yang terjadwal dalam rentang Maret hingga Mei 2020.

Empat tahapan tersebut yakni, pelantikan dan masa kerja PPS (Panitia Pemungutan Suara), verifikasi syarat dukungan calon perseorangan, pembentukan PPDP (Petugas Pemutakhiran Data Pemilih) dan pelaksanaan pencocokan penelitian (Coklit), serta pemutakhiran dan penyusunan daftar pemilih.

Pelantikan PPS dalam jadwal adalah pada 22 Maret 2020 dengan masa kerja 23 Maret sampai dengan 23 November 2020. Sementara, verifikasi syarat dukungan calon perseorangan semula akan dilaksanakan dalam rentang 26 Maret hingga 28 Mei 2020. Pembentukan PPDP yang ditunda, awalnya dijadwalkan pada 26 Maret sampai dengan 15 April 2020. Sedangkan pemutakhiran dan penyusunan daftar pemilih semula diagendakan dalam rentang 23 Maret sampai dengan 17 Mei 2020.

Ketua KPU Sidoarjo, M. Iskak mengatakan, tahapan pilbup yang ditunda adalah kegiatan yang melibatkan banyak orang. “Tahapan-tahapan yang ditunda adalah yang melibatkan kontak dan akses langsung dengan masyarakat dan menimbulkan kerumunan,” ujarnya saat ditemui di kantor KPU Sidoarjo, Selasa (24/03/20).

Diketahui bahwa penundaan empat tahapan pilkada dalam Surat Keputusan dan SE KPU RI tersebut sampai waktu yang belum ditentukan. Terkait ini, M. Iskak menyatakan pihaknya siap mengikuti keputusan KPU RI. “Penundaan ini memang sampai waktu yang belum ditentukan. Tapi apapun itu, kita siap mengikuti dan mematuhi setiap keputusan dari pusat. Apalagi ini menyangkut keselamatan bersama,” jelas M.Iskak. (syamsudin)


Share Berita


Komentari Berita