Home
news
KPU SIDOARJO TETAPKAN 1.404.887 DPT PEMILIHAN BUPATI DAN WAKIL BUPATI SIDOARJO 2020

KPU SIDOARJO TETAPKAN 1.404.887 DPT PEMILIHAN BUPATI DAN WAKIL BUPATI SIDOARJO 2020


Jumat, 2020-10-16 - 20:06:45 WIB

kpud-sidoarjokab.go.id-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sidoarjo menggelar kegiatan rapat pleno terbuka di Hotel Luminor, Jumat (16/10/2020). Rapat pleno terbuka ini dihadiri oleh PPK Sidoarjo, Bawaslu Sidoarjo, Dispendukcapil, Kesbangpol, serta LO Paslon. Melalui rapat pleno ini, KPU Sidoarjo mengumumkan rekapitulasi Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP) dan penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) tingkat kabupaten pada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati pada 9 Desember mendatang.

M. Iskak, Ketua Komisioner KPU Sidoarjo, menyampaikan bahwa agenda kali ini merupakan puncak dari proses tahapan yang panjang yakni penetapan DPT. "Hari ini merupakan puncak dari proses pemutakhiran DPT di Kabupeten Sidoarjo. Ini adalah tahapan terakhir dari penetapan DPT yang didahului rekapitulasi DPSHP, dan sekarang adalah hari terakhir penetapan menurut PKPU KPU No. 5 tahun 2020," buka Iskak.

Proses penetapan ini sebelumnya didahului beberapa proses, mulai dari coklit kemudian penetapan DPS dan DPSHP yang dimulai rekapnya pada 30 September 2020 di tingkat desa kemudian pada 9 Oktober 2020 dilakukan rekap oleh PPK tingkat kecamatan.

"Tentu dalam proses pemutakhiran ini pasti ada dinamika yang terjadi. Ada masukan dari masyarakat, Bawaslu, dan seluruh komponen masyarakat, termasuk partai politik di wilayah Kabupaten Sidoarjo. KPU berusaha untuk mengakomodir secara keseluruhan, sehingga yakinlah bahwa KPU akan terus melakukan pembenahan dan perbaikan pemutakhiran data ini dengan cara mengakomodir masukan yang masuk tersebut. Tentu masukan yang masuk itu akan kita lakukan verifikasi terlebih dahulu," jelas Iskak.

M. Iskak mengungkapkan bahwa jumlah DPSHP di Kabupaten Sidoarjo tahun 2020 sebanyak 1.409.144, sedangkan  jumlah DPT yang akan menggunakan hak pilihnya pada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati di Sidoarjo tahun 2020 tercatat sebanyak 1.404.887 pemilih. Terkait hasil rekapitulasi tersebut, M. Iskak menyampaikan terimakasih kepada seluruh stakeholder yang turut membantu dan masyarakat yang selalu memberikan masukan. 

"Kami sampaikan terimakasih sebesar-besarnya kepada seluruh stakeholder di Kabupaten Sidoarjo, terutama Dispendukcapil yang banyak membantu kami dalam hal data. Kemudian terimakasih kepada PPK yang sudah bersusah payah untuk melakukan pemutakhiran data. Insya Allah amal panjenengan semua akan dibalas oleh Allah SWT," ucap Iskak

(syamsudin )

 


Share Berita


Komentari Berita