Home
kpusda
KPU SIDOARJO SANGAT ANTUSIAS MENGIKUTI UJI COBA NASIONAL APLIKASI SIREKAP

KPU SIDOARJO SANGAT ANTUSIAS MENGIKUTI UJI COBA NASIONAL APLIKASI SIREKAP


Kamis, 2020-11-26 - 11:10:57 WIB

kpud-sidoarjokab.go.id-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sidoarjo mengikuti uji coba nasional  penggunaan Aplikasi Rekapitulasi Perolehan dan Penghitungan Suara (SIREKAP) secara berjenjang yang diadakan KPU RI, Selasa - Kamis (24 - 26 November 2020). Uji coba SIREKAP ini dilakukan di 270 daerah yang menggelar pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2020, baik provinsi maupun kabupaten/kota secara daring.

Komisioner KPU RI, Evi Novilda Ginting Manik mengatakan, penggunaan SIREKAP sangat penting bagi KPU dalam mengedepankan prinsip transparansi dan akuntabilitas. Selain itu, menurut Evi, SIREKAP dapat mempercepat kerja KPU terkait tahapan pemungutan, penghitungan dan rekapitulasi suara.

"Proses tata cara dan yang berkaitan dengan tahapan pemungutan dan penghitungan suara serta rekapitulasi ini bisa berjalan transparan, cepat, kemudian minimalis kesalahan, dan tentu saja mudah diakses oleh siapapun," ujar Evi saat webinar uji coba SIREKAP. Selain itu, SIREKAP dinilai akan membuat proses rekapitulasi Pilkada 2020 akan berjalan lebih efektif dan efisien.

Sementara itu Komisioner KPU Sidoarjo Mifta Rohma Divisi Teknis Penyelenggaraan, menuturkan uji coba dilakukan terkait pengarahan teknis dan metode SIREKAP. "Dalam simulasi itu KPU Sidoarjo mengundang PPK 18 kecamatan yang diposisikan sebagai KPPS dan PPS," ujar   Mifta.

Mifta memaparkan, KPPS melakukan uji coba, mulai dari memasang aplikasi SIREKAP ditelepon pintar masing-masing. Kemudian, petugas mengisi formulir model C Hasil .KWK, memotret, dan mengunggahnya ke aplikasi SIREKAP.

(syamsudin)

 


Share Berita


Komentari Berita