Home
kpusda
KPU Sidoarjo Himbau Bupati Tidak Melakukan Penggantian Pejabat

KPU Sidoarjo Himbau Bupati Tidak Melakukan Penggantian Pejabat


Rabu, 2020-01-08 - 16:18:45 WIB

kpud-sidoarjokab go.id – Menjelang pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sidoarjo Tahun 2020, KPU Kabupaten Sidoarjo  telah mengeluarkan Press Release pada Rabu (08/01/2020) tentang himbauan kepada para pejabat pemerintahan terkait pilbup Sidoarjo mendatang. Press Release yang dikeluarkan KPU berisikan poin penting yang harus dipatuhi oleh seluruh pejabat pemerintahan.

Sehubungan dengan itu, KPU Kabupaten Sidoarjo telah melayangkan surat himbauan kepada Bupati Sidoarjo untuk tidak melakukan penggantian pejabat terkait penyelenggaraan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sidoarjo Tahun 2020. M. Iskak, ketua KPU sidoarjo menyatakan bahwa mendasarkan pada ketentuan pasal 71 ayat (2) UU No 10 Tahun 2016 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Walikota, batasan waktu bagi Bupati atau Wakil Bupati untuk melakukan penggantian pejabat dapat dilakukan 6 (enam) bulan sebelum tanggal penetapan pasangan calon sampai dengan akhir masa jabatan kecuali mendapat persetujuan tertulis dari menteri. “Adapun pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati yang akan maju dalam Pilbup mendatang akan ditetapkan oleh KPU Sidoarjo pada 8 Juli 2020, sehingga terhitung mundur sejak 8 Januari 2020 peraturan tersebut mulai berlaku,”terangnya.

Tak hanya kepada Bupati, melalui Press Release yang dikeluarkan, KPU Kabupaten Sidoarjo juga menghimbau pejabat negara, pejabat daerah, pejabat Aparatur Sipil Negara (ASN), anggota TNI/Polri, Kepala Desa/Lurah agar tidak membuat keputusan dan /atau tindakan yang menguntungkan atau merugikan salah satu pasangan calon.

" Press Release sudah dikeluarkan KPU hari ini, kami mengharap jajaran pemerintah yang terkait dapat mematuhi seluruh aturan demi tertibnya pelaksanaan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sidoarjo mendatang," himbau Mukhamad Iskak, saat ditemui di kantor KPU sesaat setelah Press Release.(syamsudin)

Press Release :

Download Disini


Share Berita


Komentari Berita