Home
kpusda
KPU Gelar Bimtek Tata Cara Verifikasi Faktual Partai Politik dan Pemantapan Sipol

KPU Gelar Bimtek Tata Cara Verifikasi Faktual Partai Politik dan Pemantapan Sipol


Senin, 2017-10-09 - 10:34:26 WIB

kpud-sidoarjokab.go.id-Sabtu (7/10), bertempat diruang Jupiter II The Sun Hotel, KPU Kabupaten Sidoarjo mengelar bimbingan teknis Verifiksi Partai Politik serta pemantapan aplikasi Sistem Informasi Partai Politik (SIPOL)

Ketua KPU Kabupaten Sidoarjo, M. Zainal Abidin, menyatakan bahwa tujuan kegiatan bimtek tersebut adalah untuk memberikan pemahaman kepada partai politik calon peserta pemilu Tahun 2019 tentang mekanisme verifikasi faktual Parpol baik tentang teknik pengambilan sampling sampai mekanisme faktual oleh petugas verifikator dilapang termasuk juga aplikasi Sistem Informasi Partai Politik (SIPOL).

Pada sesi pertama Sosialisasi tersebut, Nanang Haromin, komisioner KPU Sidoarjo yang membidangi Divisi Hukum, menyampaikan tentang teknik verifikasi faktual parpol serta mekanisme faktual dilapangan oleh petugas verifikator lapangan. “jadi nanti akan ada petugas verifikator lapangan yang akan mendatangi dan kemudian menanyakan apakah mereka itu adalah anggota partai sebagaimana yang ada diberkas yang teman-teman kirim ke kita“, jelasnya.

Sedang pada sesi kedua sosialisasi, Syam Rahmanto selaku operator Sipol KPU Kab Sidoarjo menjelaskan tentang kegunaan Sipol serta teknis bagaimana enty data ke Sipol “sesungguhnya dengan menggunakan sistim Sipol tersebut memudahkan bagi parpol, karena parpol juga bisa langsung mengetahui jika ada kegandaan pada nama anggotanya, misalnya” ujar Syam Rahmanto.(mif)


Share Berita


Komentari Berita