Home
news
JADI PEMETARI DIKELAS TEKNIS KPU JATIM , DEVISI TEKNIS KPU SIDOARJO BAHAS MEKANISME PENATAAN DAPIL

JADI PEMETARI DIKELAS TEKNIS KPU JATIM , DEVISI TEKNIS KPU SIDOARJO BAHAS MEKANISME PENATAAN DAPIL


Jumat, 2021-07-16 - 15:53:21 WIB

kpud-sidoarjokab.go.id-Anggota Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Sidoarjo DIvisi Teknis Miftakul Rohmah menjadi salah satu pemateri dalam kegiatan Kelas Teknis dengan topik bahasan mengenai Pengusulan dan Penataan Daerah Pemilihan (Dapil) bersama 38 KPU Kabupaten/Kota Se-Jawa Timur yang diselenggarakan secara daring oelh Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jawa Timur, Kamis (15/07/2021).

Insan Qoriawan, Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Provinsi Jawa Timur dalam pengantar pembukanya menyampaikan bahwa dalam kelas teknis ini KPU Provinsi Jawa Timur hanya bertindak sebagai fasilitator. Segala materi, narasumber beserta moderator berasal dari KPU Kabupaten/Kota masing-masing. “Kita ini belajar bareng, mengupas dan membahas tuntas segala hal-hal teknis yang mungkin akan dihadapi dalam setiap tahapan Pelaksanaan Pemilu dan Pemilihan terutamadalam menyongsong pemilu dan Pemilihan serentak 2024.”ujar Insan.

Miftakul Rohmah dalam materinya yang diberi judul “Prinsip-prinsip penataan dapil pada Pemilu 2019 di Kabupaten Sidoarjo (sebuah memoar) dan Persiapan Menuju Pemilu 2024” menyampaikan adanya tujuh (7) prinsip dalam penataan daerah pemilihan (Dapil) yang meliputi kesetaraan nilai suara, ketaatan pada sistem Pemilu yang proporsional, proporsionalitas, integralitas wilayah, berada dalam cakupan yang sama (coterminous), kohesivitas, dan kesinambungan.

Dalam Kelas Teknis edisi perdana ini pemateri selanjutnya terkait “ mekanisme Pengusulan Penataan Dapil Anggota DPRD Kabupaten/Kota” adalah Helmi Anggota KPU Kota Pasuruan Divisi Teknis Penyelenggaraan .(HUPMAS)


Share Berita


Komentari Berita