Home
kpusda
DEMI TERCAPAINYA PARTISIPASI PEMILIH, KPU SIDOARJO MELAKUKAN SOSIALISASI DIDAERAH TERPENCIL

DEMI TERCAPAINYA PARTISIPASI PEMILIH, KPU SIDOARJO MELAKUKAN SOSIALISASI DIDAERAH TERPENCIL


Sabtu, 2020-11-21 - 18:26:49 WIB

kpud-sidoarjokab.go.id-Komisi pemilihan umum (KPUD) Sidoarjo terus melakukan sosialisasi demi tercapainya partisipasi pemilih dalam  Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Sidoarjo. Kali ini, KPU Sidoarjo melakukan sosialisasi didaerah terpencil yaitu dusun kepetingan desa sawohan kecamatan buduran, Sabtu (21/11/2020). sosialisasi yang digelar di Aula pertemuan  dusun kepetingan Sidoarjo ini dihadiri oleh komisioner KPU Sidoarjo, PPK Buduran, PPS Sawohan, Staf dan Sekretaris KPU Sidoarjo dan masyarakat setempat.

Komisioner KPU Sidoarjo Divisi Sosdiklih, SDM, dan Parmas, Fauzan Adim menuturkan bahwa secara perinsip pemilu itu berbicara tentang demokrasi yaitu dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat. Makanya pemilu itu sering di sebut sebagai pesta rakyat. “Salah satu azas dari pemilu itu adalah berdaulat artinya masyarakat memberikan hak pilihnya tanpa ada paksaan dari orang lain jadi memberikan hak pilihnya itu murni karena kemauan sendiri,” jelas fauzan.

Fauzan juga melanjutkan bahwa Ia melihat masyarakat yang ikut sosialisasi ini sangat memahami paslon siapa saja sampai sudah hafal di dukung oleh partai apa saja. “Harapan saya informasi ini tidak sampai disini disampaikan pada keluarga, tetangga lainnya sehingga pada tanggal 9 desember nanti masyarakat dusun kepetingan bisa 100 persen datang ke TPS untuk menggunakan hak pilihnya,” lanjutnya

Sementara itu Ana Aziza  komisioner KPU Sidoarjo Divisi Hukum dan Pengawasan menyampaikan bahwa KPU Sidoarjo telah melakukan proses pencalonan yang menjadi calon bupati dan wakil bupati sidoarjo, prosesnya ada 2 macam, secara independen atau didukung oleh partai politik. “Kemarin ada salah satu paslon dari independen tetapi tidak bisa melanjutkan tahapannya karena belum memenuhi syarat dan paslon yang di usung oleh partai politik ada 3 pasang yang memenuhi syarat,” ungkap Ana 

Sekretaris KPU Sidoarjo, Sulaiman mengatakan kepada masyarakat yang hadir sosialisasi ini untuk menginformasikan masyarakat lainnya bahwa 9 desember nanti dilaksanakan pemilihan bupati dan wakil bupati sidoarjo. 

“Informasi ini disampaikan di tiga unsur, pertama disampai kepada teman sekasur yaitu kepada istri atau suami. Kedua teman sedapur yaitu anak atau keluarga lainnya untuk datang ke TPS untuk mengunakan hak pilihnya dan yang terakhir informasi ini disampaikan pada teman sesumur yaitu tetangga,” tutur sulaiman.

(syamsudin)


Share Berita


Komentari Berita