Home
kpusda
TINGKATKAN PARTISIPASI POLITIK, BAKESBANGPOL SIDOARJO BERIKAN REWARD 5 EKOR KAMBING KEPADA PPS DAN PPK

TINGKATKAN PARTISIPASI POLITIK, BAKESBANGPOL SIDOARJO BERIKAN REWARD 5 EKOR KAMBING KEPADA PPS DAN PPK


Selasa, 2020-11-10 - 15:37:45 WIB

kpud-sidoarjokab.go.id-Komisi Pemilihan Umum (KPUD) Sidoarjo menjadi salah satu pemateri sosialisasi yang dilaksanakan oleh Bakesbangpol Sidoarjo dengan tema  “Peningkatan Partisipasi Politik bagi Elemen Masyarakat Pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sidoarjo di Wilayah Kecamatan Sidoarjo”, Selasa (10/11/2020). Sosialisasi tersebut bertempat di Gereja Kristen Jawi Wetan (GKJW) Jemaat Sidoarjo. Hadir dalam kegiatan sosialisasi yaitu Ketua Komisi A DPRD Sidoarjo, Kepala Bakesbangpol Sidoarjo, Ketua KPU Sidoarjo, Ketua FKUB Sidoarjo yang diwakili oleh sekertaris dan Pimpinan GKJW.

Kepala Bakesbangpol saat membuka kegiatan sosialisasi menyampaikan pendidikan politik tidak hanya ditujukan kepada anggota ataupun simpatisan partai politik saja, tetapi masyarakat umum juga berhak atas pemahaman terhadap politik.  “Hal ini berkaitan dengan pesta demokrasi yang di selenggarakan yaitu Pilkada serentak lanjutan 2020 yang diselenggarakan pada 9 Desember nanti. Kabupaten sidoarjo mendapatkan kesempatan untuk memilih Bupati dan Wakil Bupati periode 2020-2025," tuturnya.

Ia pun mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan  partisipasi dengan menggunakan hak suara pada Pilkada serentak lanjutan 2020 serta menghindari perilaku negatif yang muncul ditengah masyarakat.

Bakesbangpol Sidoarjo akan memberikan penghargaan kepada PPS dan PPK yang jumlah partisipasinya maksimal peringkat 1, 2 dan 3 berupa 5 ekor kambing. Kepala Bakesbangpol berharap tidak muncul ketegangan yang berlebihan antara kelompok pendukung atau suku dan agama. 

Sementara itu, Ketua KPU Sidoarjo menjelaskan tentang Prinsip Pelaksanaan Pemilihan Serentak Lanjutan Tahun 2020. “Pemilihan Serentak ini  dilaksankaan dalam kondisi bencana NonAlam Covid-19 dasar hukumnya adalah  UU No. 6 Tahun 2020, PKPU No. 6 Tahun 2020  serta PKPU No.10 Tahun 2020. Semua ini tentu harus dengan menerapkan dan memperhatikan protokol kesehatan dan keselamatan penyelenggara pemilihan, peserta pemilihan, pemilih, dan seluruh pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan pemilihan,” jelas M. Iskak.

(syamsudin)


Share Berita


Komentari Berita