Home
kpusda
PEMILU DARI MASA KE MASA

PEMILU DARI MASA KE MASA


Kamis, 2016-08-11 - 03:24:51 WIB

Kamis, 11 Agustus 2016

POTRET PERJALANAN SEJARAH  PENYELENGGARAAN PESTA DEMOKRASI OLEH KPU KABUPATEN SIDOARJO

Oleh : Miftakul Rohmah, S.Pd., M.Pd 

Anggota KPU Kabupaten Sidoarjo

 

Tidak terasa perjalanan KPU Kabupaten Sidoarjo sebagai penyelenggara Pemilu di Kabupaten Sidoarjo sudah berusia hampir 13 Tahun. Sebagaimana diketahui bahwa KPU Kabupaten Sidoarjo bersama-sama dengan KPU Kabupaten/Kota yang lainnya di Indonesia dibentuk sebagai wujud implementasi dari Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2011 tentang Penyelenggara Pemilu.

Sebagai penyelenggara pemilu dalam kurun waktu 13 Tahun, sudah barang tentu telah banyak sejarah pelaksanaan pesta demokrasi yang ditorehkan oleh KPU Kabupaten Sidoarjo. Ada sebelas kali pesta demokrasi yang sudah dilaksanakan oleh KPU Kabupaten Sidoarjo, dan berikut ini adalah gambaran sekilas sejarah perjalanan pesta demokrasi yang ditorehkan oleh KPU Kabupaten Sidoarjo dengan segala dinamikanya.

1. Pemilu DPR , DPD, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten Tahun 2004

Tahun 2004 bisa dikatakan merupakan tonggak sejarah baru proses pelaksanaan pesta demokrasi. Jika pada pemilu-pemilu yang sebelumnya ditangani oleh pemerintah dan parpol, maka pada tahun inilah pertama kalinya pemilu diselenggarakan oleh lembaga independen yang bernama Komisi Pemilihan Umum (KPU). Begitu pula di Kabupaten Sidoarjo, pada Tahun 2004 ini KPU Kabupaten Sidoarjo bersama-sama dengan KPU Kabupaten/Kota yang lainnya menjadi penyelenggara Pemilu di tingkat kabupaten/kota, untuk pertama kalinya menggelar Pemilu legislatif yang memilih para wakil rakyat yang akan duduk di kursi DPR, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota.

Sebagai lembaga yang baru dibentuk dan langsung menyelenggarakan pemilu untuk pertama kalinya, maka sangat wajar bila dalam Pemilu tersebut, KPU Kabupaten Sidoarjo harus mampu beradaptasi secara cepat dalam mengimplementasikan peraturan perundang-undangan yang ada ataupun dinamika yang terjadi.

Pemilihan legislatif yang diselenggarakan pada tanggal 5 April 2004 untuk Kabupaten Sidoarjo, terdiri dari 1.201.526 jumlah pemilih dengan jumlah TPS sebanyak 4465 buah, dengan tingkat partisipasi pemilih sebesar 937.177 orang (77,9%). 

Adapun hasil perolehan suara partai Pemilu DPRD Tahun 2004 dapat dilihat sebagaimana tabel di bawah ini.

Selengkapnya di sini


Share Berita


Komentari Berita