Home
kpusda
MENERIMA LEMBAGA PEMANTAU PEMILU, M.ISKAK BERHARAP SELURUH KOMPONEN MASYARAKAT MEMBANTU KPU SIDOARJO

MENERIMA LEMBAGA PEMANTAU PEMILU, M.ISKAK BERHARAP SELURUH KOMPONEN MASYARAKAT MEMBANTU KPU SIDOARJO


Senin, 2020-10-12 - 12:42:24 WIB

kpud-sidoarjokab.go.id-Komisi Pemililhan Umum Kabupaten Sidoarjo menerima salah satu lembaga pemantau independen yang mendaftarkan sebagai pemantau pemilu untuk mensukseskan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sidoarjo tahun 2020, Senin(12/10/2020). Partisipasi unsur masyarakat dalam mengawal Pemilihan Kepala Daerah adalah amanat Undang-undang Nomor 10 Tahun 2016, yang bertujuan agar proses penyelenggaraan Pilkada Serentak 2020 berjalan sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Bertempat di Kantor KPU Kabupaten Sidoarjo, Ketua KPU Sidoarjo M. Iskak menyampaikan bahwa KPU Sidoarjo merasa senang dengan adanya lembaga pemantau ini, yang berarti proses Pilkada di Kabupaten Sidoarjo semakin baik, jujur pelaksanaannya dan kredibilitas pemilihan semakin terjaga apabila banyak komponen masyarakat yang aktif dalam proses pilkada ini. “Hari ini ada salah satu komponen masyarakat yang mendaftar ke KPU Sidoarjo sebagai pemantau pemilu, kami apresisasi hal tersebut. Kami sangat senang dan bangga ada masyarakat yang peduli pada Pilkada di Sidoarjo,” ungkap M. Iskak.

Pada kesempatan yang sama, pemantau pemilu independen, Samsul mengatakan saat ini yang dipantau masih permasalah protokol kesehatan, tahapan kampanye, DPT di desa-desa apakah ada yang meninggal ataupun pemilih ganda. “Sampai saat ini masih kami catat dulu, apabila pelanggarannya sering dilakukan maka kami akan melaporkan langsung kepada KPU atau pun Bawaslu Sidoarjo,” jelasnya.

M. Iskak menjelaskan hasil pemantauan dari masyarakat ini bisa disampaikan ke KPU atau pun Bawaslu Sidoarjo tergantung apa yang dikoordinasikan. "Jika itu permasalahan DPT, maka kami dari KPU Sidoarjo akan memberikan klarifikasi terlebih dahulu dan apabila ada pelanggaran-pelanggaran sebagai ranahnya Bawaslu, maka kami persilahkan untuk di sampaikan pada Bawaslu,” jelasnya. 

M. Iskak berharap seluruh komponen masyarakat mau melakukan pemantauan seluruh proses pemilihan, mulai hari dari masa kampanye, proses DPT, proses perhitungan sampai proses pencoblosan. “Kami KPU berharap proses ini  berjalan dengan baik dan benar, maka kami sangat berharap seluruh komponen masyarakat membantu kami melakukan pemantauan  dan berperan aktif untuk mensukseskan pilkada di Kabupaten Sidoarjo,” harapnya. (syamsudin)

 


Share Berita


Komentari Berita