Home
kpusda
KPU Sidoarjo Tandatangani Perjanjian Kinerja Tahun 2021

KPU Sidoarjo Tandatangani Perjanjian Kinerja Tahun 2021


Kamis, 2021-02-04 - 12:30:59 WIB

kpud-sidoarjokab.go.id-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sidoarjo menandatangani Perjanjian Kinerja tahun 2021. Kinerja yang disepakati tidak hanya yang dihasilkan atas kegiatan tahun ini, tetapi juga termasuk kinerja yang seharusnya terwujud akibat kegiatan tahun-tahun sebelumnya, yaitu untuk meningkatkan kapasitas lembaga penyelenggara pemilihan.
Acara yang dibuka oleh ketua KPU Sidoarjo, Mukhamad Iskak menyatakan bahwa dengan telah disahkannya Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Tahun 2021, maka KPU Kabupaten Sidoarjo wajib melaksanakan penyusunan Perjanjian Kinerja sebagai perwujudan pelaksanaan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) di lingkungan KPU Sidoarjo. “Kita akan melaksanakan Perjanjian Kinerja dengan harapan kinerja kita kedepan menjadi lebih baik  dan terukur serta sebagai bentuk komitmen kita untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan pemilu” ucap Iskak.
Perjanjian Kinerja tahun 2021 ditandatangani oleh Ketua KPU Kabupaten Sidoarjo, Mukhamad Iskak, dalam rapat Pleno, Rabu (03/01) di ruang rapat KPU Kabupaten Sidoarjo. Rapat penandatanganan dihadiri KPU Sidoarjo, yaitu M. Iskak, Musonif Afandi, Fauzan Adim, Sekretaris serta para Kasubag dan staf di jajaran KPU Sidoarjo.
Selanjutnya, Perjanjian Kinerja diturunkan menjadi perjanjian antara Ketua KPU Sidoarjo dengan Sekretaris KPU Sidoarjo, Sulaiman. Kemudian, Sekretaris dengan para Kepala Sub Bagian di lingkungan KPU Sidoarjo.
“Perjanjian kinerja merupakan satu tahapan dalam Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) yang termuat dalam Peraturan Presiden Nomor 29 tahun 2014 tentang Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah,” kata M. Iskak.
Ia menambahkan, SAKIP merupakan integrasi dari sistem perencanaan, sistem penganggaran dan sistem pelaporan kinerja, yang selaras dengan pelaksanaan sistem akuntabilitas keuangan. Dalam hal ini, setiap organisasi diwajibkan mencatat dan melaporkan setiap penggunaan keuangan negara serta kesesuaiannya dengan ketentuan yang berlaku.
Produk akhir dari SAKIP itu LAKIP, yaitu Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan. LAKIP menggambarkan kinerja yang dicapai KPU Sidoarjo atas pelaksanaan program dan kegiatan yang dibiayai APBN. Sistem ini mengubah paradigma; berapa besar dana yang telah dan akan dihabiskan menjadi berapa besar kinerja yang dihasilkan dan kinerja tambahan yang diperlukan agar tujuan yang telah ditetapkan bisa tercapai akhir periode. (SYM)


Share Berita


Komentari Berita