Home
kpusda
KPU SIDOARJO LAKSANAKAN MONITORING DAN SUPERVISI PPDP DI KECAMATAN WONOAYU

KPU SIDOARJO LAKSANAKAN MONITORING DAN SUPERVISI PPDP DI KECAMATAN WONOAYU


Kamis, 2018-02-01 - 20:02:08 WIB

kpud-sidoarjokab.go.id –Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Sidoarjo melakukan monitoring dan supervisi kerja Petugas Pemutahiran Data Pemilih (PPDP) di Kecamatan Wonoayu, Kamis hari ini.  KPUD yang diwakili Nanang Haromain selaku komisaris didampingi Yuni Risnawati (kepala sub bagian program dan data) dan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Wonoayu.

Menurut Nanang kegiatan monitoring ini bertujuan hasil pencocokan dan penelitian (Coklit) beberapa minggu lalu. Merupakan amanat  Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 2 pasal 29 Tahun 2017. Dijelaskan dalam PKPU tersebut, Pemutakhiran Data dan Penyusunan Daftar Pemilih dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Walikota dan Wakil Walikota.

"KPU Kabupaten Sidoarjo melakukan pemeriksaan terhadap pelaksanaan tugas PPDP menggunakan sampel paling sedikit 5% (lima persen) dari jumlah TPS di kabupaten" jelas Nanang.

Ditambahkan Nanang kegiatan tersebut,  bermaksud mengetahui secara langsung masalah dibawah. Terutama petugas kecamatan yang melakukan tugas coklit.

"Masih ada warga pemilih yang tidak terdaftar dalam formulir A-KWK yang bersumber dari data penduduk potensial pemilih pemilihan (DP4) dan banyak warga yang belum melakukan perekaman KTP elektronik agar tidak terlewati Coklitnya" ujarnya

Sementara itu Mudzakir anggota PPK mengatakan tiga desa yang jadi sampling yaitu Wonokalang, Tanggul dan Popoh.  "Hari ini kami PPK Wonoayu mendampingi KPU ke beberapa wilayah Desa untuk dipantau hasil Coklitnya. Yang kami tunjukkan yaitu Desa Wonokalang, Tanggul dan Popoh. Pasalnya,  letak geografis dan jumlah penduduk terbanyak.

Ditambahkan PPK Samsul Arif menjelaskan bahwa PPDP adalah salah satu bagian terpenting Pemilu dalam melakukan proses pemutakhiran data pemilih. "Untuk itu kami memastikan PPDP sesuai buku kerja yang diberikan KPU sehingga hasil pemutakhirannya baik.(ppkwonoayu)


Share Berita


Komentari Berita