Home
kpusda
KPU SIDOARJO HADIRI RAKOR PERSIAPAN PEMBENTUKAN DP3 DAN SOSIALISASI PENDIDIKAN PEMILIH

KPU SIDOARJO HADIRI RAKOR PERSIAPAN PEMBENTUKAN DP3 DAN SOSIALISASI PENDIDIKAN PEMILIH


Kamis, 2021-07-01 - 11:14:03 WIB

kpud-sidoarjokab.go.id-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sidoarjo menghadiri rapat koordinasi persiapan pembentukan DP3 dan sosialisasi pendidikan pemilih yang diadakan secara daring oleh KPU Provinsi Jawa Timur, Rabu (30/06/2021).

Hadir dalam rakor tersebut Komisioner Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM dan Kasubag Teknis dan Hupmas KPU Kabupaten/ Kota se-Jawa Timur. Adapun dari KPU Sidoarjo diwakili oleh Divisi Hukum dan Pengawasan. Acara ini dalam rangka menyongsong Pemilu dan Pemilihan Serentak 2024.

DP3 atau Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan merupakan program unggulan dari KPU RI yang memiliki tujuan meningkatkan literasi kepemiluan, menumbuhkan kesadaran hak dan kewajiban sebagai warga negara, mengedukasi masyarakat untuk mencegah dan menolak beragam kecurangan dalam pemilu/pemilihan, menggugah sikap kritis masyarakat, mewujudkan pemilih yang rasional, mandiri, dan berdaulat, dan meningkatkan kualitas pemilu/pemilihan di Indonesia secara substansial

Ketua KPU Provinsi Jawa Timur, Choirul Anam menyampaikan bahwa rakor ini untuk mempersiapkan pembentukan Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan serentak serta Sosialisasi Pendidkan Pemilih.

Dalam arahan sekaligus membuka acara, Choirul Anam menjelaskan bahwa dalam pelaksanaan pendidikan pemilih tahun ini, masih ada kendala dan keterbatasan terutama terkait anggaran yang tidak tersedia dalam DIPA APBN KPU Kabupaten/Kota. Namun, dengan  keterbatasan tersebut diharapkan malah menjadi pemacu semangat dalam mensukseskan program DP3 ini. “Semoga dengan segala keterbatasan yang masih ada saat ini dapat menjadi pemacu semangat untuk mensukseskan program D3 ini. Dalam sambutannya Ketua  KPU Jatim  ini juga  menyampaikan bahwa dalam  Pemilihan serentak 2020 kemarin ada beberapa KPU Kabupaten/Kota di Jatim yang telah membuat buku sebagai upaya melestarikan literasi demokrasi. Hal ini adalah satu hal yang positif bagi proses pendidikan pemilih. Literasi demokrasi dalam bentuk buku maupun penguatan media sosial.” Ujarnya.

Acara rakor dilanjutkan dengan penyampaian materi Pembentukan DP3 serta sosialisasi pendidikan pemilih oleh Komisioner Divisi Sosdiklih Parmas dan SDM KPU JAwa Timur, Gogot Cahyo Baskoro. (HUPMAS)


Share Berita


Komentari Berita