Home
kpusda
KPU Sidoarjo Gelar Sosialisasi Mekanisme Pendaftaraan dan Verifikasi Partai Politik

KPU Sidoarjo Gelar Sosialisasi Mekanisme Pendaftaraan dan Verifikasi Partai Politik


Jumat, 2017-09-29 - 20:45:07 WIB

kpud-sidoarjokab.go.id-KPU Kabupaten Sidoarjo mengelar Sosialisasi Pendaftaraan dan Verifiksi Partai Politik serta Aplikasi Sistem Informasi Partai Politik (SIPOL) pada hari Jum’at tanggal 29 September 2017, di Ruang Jupiter The Sun Hotel Sidoarjo.

Menurut Plh. Ketua KPU Kabupaten Sidoarjo, Miftakul Rohmah, tujuan kegiatan sosialisasi tersebut adalah untuk memberikan pemahaman kepada partai politik calon peserta pemilu Tahun 2019 tentang mekanisme pendaftaran, verifikasi Parpol termasuk juga sosialisasi aplikasi Sistem Informasi Partai Politik (SIPOL). “Sosialisasi ini sangat penting karena semua pihak, terutama parpol agar memahami tatacara dan aturan mengenai pendaftaran dan verifikasi parpol,” ucap Miftakul Rohmah.

Pada sesi pertama Sosialisasi tersebut, Nanang Haromin komisioner KPU Sidoarjo yang juga membidangi Divisi Hukum, menyampaikan tentang jadwal pendaftaraan dan verifikasi parpol serta mekanisme pendaftaran dan verifikasi parpol. Nanang menjelaskan bahwa semua parpol punya kewajiban untuk mendaftar ke parpol dan melangkapi seluruh berkas administrasi baik itu partai lama peserta pemilu 2014 maupun partai baru tegas Nanang.

Sedang pada sesi kedua sosialisasi, Syam Rahmanto selaku operator Sipol KPU Kab Sidoarjo menjelaskan tentang kegunaan sipol serta teknis bagaimana enty data kesipol “ sesunggunya dengan menggunakan sistim sipol tersebut memudahakan bagi teman teman parpol karena teman teman parpol juga bisa langsung mengetahui jika ada kegandaan di nama anggotanya misalnya” Ujar Syam Rahmanto

Hadir dalam sosialisasi tersebut Panwaslihkab, Bakesbangpol dan 15 partai politik yakni 11 dari partai politik peserta pemilu 2014 dan 4 dari partai baru , sedangkan dua partai yang tidak hadir adalah Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan PIKA (Partai Indonesia Kerja), Sementara itu Plh ketua KPU Kab Sidoarjo berharap pada sosialisasi atau bimtek selanjutnya PDIP dan PIKA dapat hadir “ Kami sesunggunya sudah berusaha semaksimal mungkin agar teman teman partai hadir semua, undangan sudah terkirim semua dan bagi partai yang kantornya tidak ada orang saat itu undangan kita tinggal dikantor tapi kita tindaklanjuti dengan telpon “ ujar miftah. (mif)


Share Berita


Komentari Berita