Home
kpusda
KPU Sidoarjo Akan Gelar Sosialisasi Pendaftaran Parpol dan Aplikasi Sipol

KPU Sidoarjo Akan Gelar Sosialisasi Pendaftaran Parpol dan Aplikasi Sipol


Rabu, 2017-09-27 - 20:15:58 WIB

kpud-sidoarjokab.go.id-KPU Kabupaten Sidoarjo terus memantapkan persiapan menyongsong penyelenggaraan Pemilu Tahun 2019. Salah satunya adalah dengan mengelar Sosialisasi Pendaftaraan dan Verifiksi Partai Politik serta Aplikasi Sistem Informasi Partai Politik (SIPOL). Kegiatan sosialisasi tersebut rencananya akan dihelat oleh KPU Kabupaten Sidoarjo pada hari Jum’at tanggal 29 September 2017, di The Sun Hotel Sidoarjo.

Menurut Plh. Ketua KPU Kabupaten Sidoarjo, Miftakul Rohmah, tujuan kegiatan sosialisasi tersebut adalah untuk memberikan pemahaman kepada partai politik calon peserta pemilu Tahun 2019 tentang mekanisme pendaftaran, verifikasi Parpol termasuk juga sosialisasi aplikasi Sistem Informasi Partai Politik (SIPOL). “Sosialisasi ini sangat penting, karena masih banyak pihak, terutama parpol yang belum memahami tatacara dan aturan mengenai pendaftaran dan verifikasi parpol,” ucap Miftakul Rohmah. “Untuk itu, rencananya nanti kami akan mengundang seluruh partai politik yang sudah berbadan hukum dan terdaftar di Kemenkumham untuk mengikuti sosialisasi ini,” imbuhnya.

Sementara itu, Nanang Haromin, komisioner KPU Sidoarjo yang juga membidangi Divisi Hukum, menambahkan bahwa kegiatan ini sebagai langkah awal yang dilakukan KPU sebelum tahapan pendaftaran Parpol Pemilu Tahun 2019 dimulai. “Kami harapkan nantinya setelah sosialisasi ini, rekan-rekan parpol calon peserta pemilu bisa lebih memahami mekanisme pendaftaran dan tidak mengalami kesulitan dalam proses pendaftaran parpol ke depan,” tegas Nanang.

Untuk diketahui, berdasarkan Peraturan KPU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Umum Tahun 2019, tahapan pendaftaran parpol dijadwalkan akan dilaksanakan pada tanggal 3 Oktober sampai dengan 16 Oktober 2017. Sedangkan tahapan Verifikasi administrasi Parpol dilaksanakan mulai tanggal 17 Oktober sampai dengan 15 November 2017. (fah)


Share Berita


Komentari Berita