Home
kpusda
KPU Kabupaten Sidoarjo Terima Kunjungan Partai UMMAT

KPU Kabupaten Sidoarjo Terima Kunjungan Partai UMMAT


Kamis, 2021-11-04 - 15:06:10 WIB

kpud-sidoarjokab.go.id-Kamis, (4/11) KPU Kabupaten Sidoarjo menerima kunjungan Partai UMMAT Kabupaten Sidoarjo. Kunjungan tersebut diterima langsung oleh Ketua KPU Kabupaten Sidoarjo M. Iskak, beserta jajaran komisioner didampingi Kasubbag Hukum. Sedang dari pihak partai UMMAT di pimpin langsung oleh Ketua Partai Ir. Sardjono Budi S. didampingi Wakil Ketua Lies Imma dan serta Sekretaris Chalid Utomo.

Dalam Pengantarnya, Sardjono Budi selaku ketua partai UMMAT menyampaikan bahwa tujuan kunjungan ini untuk memperkenalkan partai dan pengurus partai UMMAT dikabupaten Sidoarjo serta juga untuk mendapatkan informasi terkait tahapan verifikasi partai. ” Kami datang ke KPU Kabupaten Sidoarjo untuk menyampaikan dan memperkenalkan kepengurusan partai UMMAT di Kabupaten Sidoarjo oleh karenanya kami datang kesini bersama dengan seluruh jajaran DPD Partai UMMAT sekaligus menanyakan terkait pelaksanaan tahapan verifikasi parpol “ jelasnya.

Menanggapi Hal tersebut , Miftakul Rohmah, selaku devisi teknis menyampaikan bahwa kita sampai sekarang sama-sama menunggu hasil dari pembahasan tahapan pemilu 2024 yang masih di bahas di DPR, sementara pijakan kita sampai ini menggunakan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 “ Jika kita lihat di Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang pemilihan umum, maka tahapan pendaftaran paling lambat 18 bulan sebelum pemungutan suara dan verifikasi parpol yang harus selesai 14 bulan sebelum pemungutan suara”. Katanya.

Sedangkan terkait verifikasi partai politik, Ketua KPU Kabupaten Sidoarjo menyatakan ada beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh partai politik diantaranya Partai harus berbadan hukum, mempuyai kantor tetap, mempuyai kepengurusan di seluruh provinsi, mempuyai kepengurusan 75% kabupaten/kota, mempuyai kepengurusan 50 % di kecamatan, memperhatikan 30 % keterwakilan perempuan, mempuyai anggota 1000 orang atau 1/1000 jumlah penduduk, mempuyai nama, lambang dan tanda gambar partai serta rekening partai, Sebagaimana tertuang dalam pasal 173 Undang-Undang No.7 Tahun 2017 Tandasnya. (HUPMAS)


Share Berita


Komentari Berita