Home
kpusda
KELAS TEKNIS KPU JATIM EDISI 9, PELAPORAN DANA KAMPANYE

KELAS TEKNIS KPU JATIM EDISI 9, PELAPORAN DANA KAMPANYE


Kamis, 2021-08-19 - 15:12:44 WIB

kpud-sidoarjokab.go.id-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sidoarjo mengikuti Kelas Teknis Menyongsong  pemilu 2024 yang diselenggarakan oleh KPU Provinsi Jawa Timur secara daring memasuki pertemuan ke-9. Pertemuan ke 9 mengambil tema tentang Pelaporan Dana kampanye, Kamis,(19/8/2021).

Menghadirkan 2 pemateri, yaitu M. Arwan Hamidi. , Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Kabupaten Ponorogo, dengan materi Helpdesk Sebagai kunci Pelayanan Laporan Dana kampanye Pemilu. Arwan menjelaskan pentingnya pembentukan Helpdesk dalam proses pelayanan Pelaporan dana kampanye, disamping itu keberdaan helpdesk juga dapat memetakan potensi masalah yang muncul dalam pelaporan dana kampanye, sehingga dapat segera didapatkan solusi dari masalah yang muncul tersebut. 

Sementara penyaji kedua Elvita Yulianti, Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Kabupaten Gresik, menjelaskan terkait tiga  hal  pokok yang berkaitan  dengan    tahapan laporan Dana Kampanye     meliputi landasan hukum, tahapan pelaporan  dan mekanisme pelaporan dana kampaye.  Dalam paparannya Elvita menyampaikan  bahwa  regulasi laporan dana Kampaye  merujuk pada undang undang 7 tahun 2017 tentang pemilu  harus menjadi pedoman  peserta pemilu terutama Pasal 338 karena terdapat konsekwensi  pembatalan peserta  pemilu serta tidak ditetapkannya sebagai calon terpilih jika tidak melaporankan dana Kampaye. Sedang  terkait mekanisme pelaporan dana kampanye baik LADK, LPSDK maupun LPPDK bagi  Peserta Pemilu dapat  terbantu  dengan aplikasi sidakam yang dikembangkan khusus untuk Pelaporan Dana Kampanye oleh KPU Republik Indonesia, karena selain  membantu peserta pemilu dan pemilihan dalam menyusun laporan Dana Kampanye, juga   sebagai control bagi peserta pemilu dan pemilihan dalam penerimaan sumbangan dana kampanye.(HUPMAS)


Share Berita


Komentari Berita