Home
kpusda
DALAM RANGKA PENYELESAIAN SENGKETA PERSELISIHAN HASIL PEMILU 2019, KPU KABUPATEN SIDOARJO HADIRI KONSOLNAS

DALAM RANGKA PENYELESAIAN SENGKETA PERSELISIHAN HASIL PEMILU 2019, KPU KABUPATEN SIDOARJO HADIRI KONSOLNAS


Sabtu, 2019-03-30 - 16:53:12 WIB

kpud-sidoarjokab go.id – Dalam rangka penyelesaian sengketa perselisihan hasil Pemilu 2019, KPU Kabupaten Sidoarjo yang diwakili Komisioner Divisi Hukum Nanang Haromin & Staf subbag Hukum Noor Ifah hadiri konsolidasi Nasional Gelombang III.

Bertempat di Hotel Vertu Harris Harmony Jakarta, berlangsung selama dua hari pada 26 s/d 28 Maret 2019, selain di ikuti KPU Kabupaten Sidoarjo, kegiatan tersebut juga di ikuti KPU Kabupaten/Kota dari 11 Provinsi antara lain Jawa Timur, Sumatera Utara, Riau Kepulauan Riau, DI Yogyakarta, NTB, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Sulawesi Tenggara dan Maluku.

Konsolnas PHPU 2019 dibuka langsung Ketua KPU RI Arief Budiman. Dalam sambutannya, Arief memberikan pengarahan terkait kesiapan seluruh jajaran KPU di tingkat pusat hingga KPU Kabupaten/Kota dalam menghadapi berbagai potensi konflik yang menyebabkan munculnya sengketa Hasil Pemilu 2019.

Berikutnya, beberapa anggota KPU RI lainnya juga menyampaikan materi persiapan PHPU 2019 antara lain Anggota KPU RI Divisi Hukum Hasyim Asy’ari memaparkan tentang pentingnya pemahaman seluruh jajaran penyelenggara Pemilu terhadap undang-undang maupun Peraturan tentang Pemilu.

Sementara Anggota KPU RI Divisi Umum, Rumah Tangga, dan Organisasi Evi Novida Ginting Manik memaparkan materi mengenai pengawasan internal terhadap Kode Etik penyelenggara Pemilu.

Dalam kesempatan tersebut, Anggota Bawaslu RI Fritz Edward juga hadir memaparkan materi tentang peranan pengawasan Bawaslu sebagai Pihak terkait dalam perkara PHPU 2019.

Selain diberikan materi seputar persiapanb menghadapi PHPU Tahun 2019, juga dilakukan simulasi SOP fasilitasi penyelesaian hasil Pemilu, di mana seluruh peserta diberikan soal PHPU dan diminta mempersiapkan alat bukti dan jawaban kepada Mahkamah Konstitusi.

Di akhir kegiatan, dilakukan evaluasi simulasi PHPU dan ditutup oleh Anggota KPU RI Divisi Teknis Penyelenggaraan Ilham Saputra.(ifa)


Share Berita


Komentari Berita