Home
kpusda
ANTISIPASI GUGATAN PERSELISIHAN HASIL PILBUP, ANA AZIZAH IKUTI BIMTEK VIA DARING SELAMA 3 HARI

ANTISIPASI GUGATAN PERSELISIHAN HASIL PILBUP, ANA AZIZAH IKUTI BIMTEK VIA DARING SELAMA 3 HARI


Jumat, 2020-10-09 - 17:55:53 WIB

kpud-sidoarjokab.go.id-KPU Sidoarjo ikuti bimbingan teknis hukum acara perselisihan hasil pemilihan Gurbenur, Bupati, dan Walikota tahun 2020 yang di gelar 6 - 8 Oktober 2020. Acara yang diselenggarakan secara daring dan luring ini, diikuti oleh 315 peserta secara daring dan 18 peserta secara luring yang hadir langsung di pusat pendidikan Pancasila. Peserta berasal dari KPU seluruh kabupaten atau kota dan provinsi yang menyelenggarakan pemiliham kepala daerah secara serentak tahun 2020.

Yang Mulia Daniel Yusmic Pancastaki membuka langsung acara pada Selasa tanggal 6 Oktober 2020. Dalam sambutannya, diketahui kegiatan tersebut bertujuan memberikan bimbingan teknis kepada penyelenggara pemilu ketika ada gugatan perselisihan hasil pemilihan ditingkat Mahkamah Konstitusi. "Kami berharap setelah mengikut bimtek ini, penyelenggara pemilu semakin paham sehingga dapat mengatasi dan tahu alur yang harus diambil ketika ada gugatan perselisihan hasil pemilihan nanti. Tapi semoga saja semuanya lancar dan tidak sampai ada hambatan," buka Yang Mulia Daniel.

Acara yang dikemas dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 tersebut syarat akan ilmu pengetahuan karena diisi oleh para narasumber yang kompeten dibidangnya. Pada bimtek kali ini juga diulas secara jelas tentang mekanisme beracara di Mahkamah Konstitusi. Selain itu, juga disosialisasikan PMK No 5 Tahun 2020 tentang tata cara beracara dalam perkara perselisihan hasil pemilihan Gubenur, Bupati dan Walikota.

Komisioner KPU Sidoarjo Divisi Hukum dan Pengawasan, Ana Azizah mengungkapkan bahwa kegiatan bimtek tersebut memberikan kesan yang mendalam dan memperluas wawasan dalam menangani gugatan hasil pemilihan yang mungkin dihadapi dalam Pilbup Sidoarjo tahun 2020. "Acara tersebut walaupun dilaksanakan secara daring, tapi sangat berkesan sekali dan menambah wawasan dalam pembuatan jawaban termohon atas gugatan perselisan hasil pemilihan," ungkap Ana Azizah.

Bimtek yang berlangsung  selama 3 hari tersebut ditutup oleh Yang Mulia Prof. Aswanto, Wakil Ketua Mahkamah Konstitusi. Di akhir kegiatan, dilakukan evaluasi bersama dan peserta diminta untuk mengikuti post-test untuk mengetahui sejauh mana keberhasilan bimtek. (syamsudin)

 


Share Berita


Komentari Berita